Bahan pembuatan waistbag itu bermacam-macam jenis. Maka dari itu, banyak sekali model dan fungsi yang berbeda pula. Banyak dari kita yang hanya memilih tas dari style saja tanpa memikirkan bahan yang digunakan.

Bahan Pembuatan Waistbag

Semakin berkembangnya zaman, kini teknologi dan kebutuhan seseorang semakin meningkat. Terlebih pada sebuah tas yang biasanya sering digunakan untuk berbagai acara.

Banyak yang belum mengetahui bahan apa yang sering digunakan untuk membuat tas waistbag ini. Supaya lebih jelasnya lagi, simak uraian dibawah ini dengan tepat.

, Bahan Pembuatan Waistbag yang Paling Populer di Masyarakat

Canvas

Bahan canvas ini yaitu plain woven fabric yang paling durable. Pada umumnya terbuat dari bahan dasar linen atau cotton. Canvas juga tergolong ke dalam bahan heavy duty cotton seperti denim.

Ketahanan dan kekuatan bahan canvas ini sangat baik sehingga banyak berbagai macam produk yang menggunakan bahan ini untuk menciptakan karyanya, terutama pada tas waistbag.

Pada beberapa tahun belakangan ini, bahan canvas telah digemari untuk dibuat sebuah tas. Dengan grade yang tahan lama, sehingga tas akan lebih awet jika digunakan. Banyak juga pilihan warna sehingga bisa membeli dengan bermacam-macam warna dan jenis.

Kulit Asli

Bahan pembuatan waistbag ada yang menggunakan material kulit. Kulit hewan kemudian akan diproses dengan teknologi canggih sehingga nyaman jika digunakan. Bahkan hampir semua produk lebih memilih menggunakan bahan kulit asli daripada yang kulit sintetis.

Kulit hewan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar yaitu seperti harimau, ular, buaya, sapi dan masih banyak lagi. Kulit yang paling banyak digunakan yaitu kulit sapi, karena lebih murah dan mudah didapatkan.

Kulit sapi memiliki tekstur yang cukup baik sehingga akan menimbulkan warna indah dengan kualitas tinggi. Tetapi sekarang ini tidak hanya pada harga saja yang tinggi, namun banyak orang yang lebih memilih kulit sintetis karena menghindari pembunuhan hewan

Pada kulit sintetis tidak akan bisa untuk bersaing dengan kulit asli karena kualitasnya lebih tinggi kulit asli. Dengan perawatan yang terbilang sangat ekstra, sehingga memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Polyester

Bahan pembuatan waistbag kali ini dengan menggunakan bahan polyester. Polyester sangat kuat dan lebih tahan lama. Bahkan tidak akan menimbulkan kerutan dan tahan abrasi. Tetapi bahan ini lebih kasar daripada yang berbahan nilon.

Polyester dan nilon memang sama-sama bahan sintetis yang kuat tetapi memiliki karakteristik yang berbeda pula. Pada polyester lebih cepat kering dan berat daripada nilon.

Kelebihannya yaitu dapat menyerap warna serta tahan air. Apabila diwarnai, polyester bisa menolak adanya kandungan air dan menyerap. Bahkan menghasilkan warna yang sangat bagus. Polyester lebih mudah untuk dirawat serta bisa dimasukkan pada mesin cuci.

Nylon

Material pembuatan waistbag yaitu dengan bahan dasar nilon. Pada awalnya nilon hanya digunakan pada bahan parasut dan belum banyak digunakan oleh masyarakat. Namun untuk saat ini nilon justru menjadi salah satu bahan yang sangat digemari

Dahulu juga hanya digunakan sebagai bahan untuk menggantikan sutra dan akhirnya telah berhasil menunjukkan karakter yang sangat baik. Harga nilon juga tidak setinggi sutra.

Nilon tidak mudah menyusut, berkerut, namun sangat mudah untuk dirawat. Dengan karakteristik yang ringan, sehingga bahan ini sangat populer untuk dijadikan sebuah tas.

Kebanyakan tas yang berbahan dasar nilon bukanlah heavy bag, namun hanya diincar pada keringanan dan mudah dibawa. Contohnya seperti bahan pembuatan waistbag, tas serut atau tote bag, dan masih banyak lagi. Nilon dan polyester adalah bahan yang paling mudah untuk dirawat.